Cara Tambah Daya Listrik Melalui Internet (Online) PLN INDONESIA PLN (Perusahaan Listrik Negara Indonesia) merupakan sebuah perusahaan yang mengelola sumber daya listrik dan mengalirkannya ke masyarakat yang membutuhkan. Listrik sangat beperan penting untuk kehidupan manusia. Cara-cara yang dilakukan manusia untuk membuat listrik di desa maupun di kota kurang maksimal maka dari itu daripada ribet-ribet mending cukup bayar pajak sewa listrik di PLN. Sekarang Listrik dapat di nikmati secara token dan prabayar. Jika melalui sistem token, sistem listriknya mengalir sesuai dengan token yang ada seperti hanya kuota atau pulsa. Jika kita sering menggunakan listrik maka kuota token akan habis. Jika kita hemat akan listrik maka akan hemat, listrik yang kita gunakan tidak dibatasi oleh jangka waktu dan lebih mengurangi biaya pengeluaran prabayar. Memang kerugian token adalah ribet selalu mengisi ulang, jika suatu saat kehabisan token dan waktu itu mengalami masalah maka listrik susah di akses dan perkerjaan anda menjadi terhambat. Berbeda sekali dengan prabayar yaitu sistem listrik yang sudah ditentukan berapa voltase dari listrik tersebut dinikmati dengan jangka waktu perbulan biasanya. Kerugiannya saya rasa listrik akan terus mengalir ke rumah anda. Maka tidak ada penghematan sama sekali. Kali ini PLN membuat layanan baru untuk menambah daya listrik pada rumah anda melalui Online. Cara menambah daya listrik, sebagai berikut : Buka situs PLN dan klik pada bagian penambahan daya disini. Isi ID Pelanggan atau ID Meter, Anda dapat mengunjungi situs www.pln.co.id/pbpd Cari dan tunggu sampai data pelanggan atau data kita muncul. Klik pada tab penambahan daya, dan isi identitas anda sesuai kolom yang ada. Jika identitas anda sama dengan data pelanggan yang terpampang pada data base PLN, anda tinggal centang pada pilihan copy data pelanggan. Isi perubahan daya yang anda inginkan. Bisa menambah ataupun mengurangi daya. Setelah itu akan muncul nominal biaya yang harus anda bayar untuk penambahan daya. Kalau yang anda lakukan pengurangan daya, maka tidak akan dipungut biaya. Kalau sebelumnya anda masih memakai meteran listrik lama dan sistem pembayaran pasca bayar, maka atas kebijakan PLN meteran akan diganti dengan meteran baru dan sistem pembayaran menjadi pra bayar. Untuk hal ini kadang terjadi penolakan para pelanggan PLN, karena mereka menganggap sistem pra bayar membuat biaya listrik lebih mahal. Setelah proses ini selesai, anda akan memperoleh email dari PLN berisi permohonan perubahan daya yang anda lakukan. Dalam email anda akan diminta melakukan konfirmasi dengan mengklik link vertifikasi. Dari link tersebut anda akan dibawa kembali ke situs PLN dan diberikan kode bayar beserta jumlah uang yang harus anda bayar. Kode bayar tersebut juga akan diemailkan ke email kita. Bayar ke tempat-tempat yang ditunjuk oleh PLN seperti Bank tertentu, Kios PPOB dan Kantor Pos Indonesia. Saya sendiri memilih bayar ke kantor pos karena lebih simpel. Di kantor pos anda bilang ke pegawai pos ingin membayar tambah daya PLN, kemudian pegawai pos akan meminta anda menyebutkan kode bayar. Setelah kode bayar diinput pegawai, akan terpampang nama pelanggan, ID pelanggan dan jumlah yang harus dibayar. Kantor pos akan membebankan biaya administrasi sebesar Rp 1.900,-. Jadi yang harus anda bayar adalah biaya dari PLN plus biaya admin kantor pos. Sebagai ilustrasi biaya penambahan daya saya dari 450VA ke 900VA adalah Rp360.500,- plus biaya admin Rp1900,- jadi total biaya Rp362.400,-. Langkah terakhir, anda tinggal menunggu petugas PLN datang dan mengganti meteran anda sekaligus menaikkan dayanya. Sebagai ilustrasi lagi, proses saya dari mulai membayar tagihan sampai petugas PLN datang adalah 10 hari kerja. Dalam situsnya dijanjikan bahwa proses penambahan daya ini akan berlangsung 7 hari kerja, tapi mungkin karena posisi rumah saya yang agak pelosok jadi agak lama. Selama menunggu anda bisa melakukan pengecekan status permohonan anda dengan fasilitas yang tersedia di situs. Tinggal masukkan ID Pelanggan/ ID Meter dan akan muncul informasi mengenai proses yang sedang dilalui selama penambahan daya. Cara ini cukup mudah dan sekiranya jika belum dapat kabar dari petugas PLN harap konfirmasi telepon 123. Saya tidak menyarankan untuk melakukan pendaftaran via online namun langsung ke kantor PLN dapat anda kunjungi. Cuman daripada anda ribet-ribet lebih baik daftar online saja jika jarak rumah anda dengan PLN sangat jauh.
![]() |
PLN INDONESIA |
Sekarang Listrik dapat di nikmati secara token dan prabayar. Jika melalui sistem token, sistem listriknya mengalir sesuai dengan token yang ada seperti hanya kuota atau pulsa. Jika kita sering menggunakan listrik maka kuota token akan habis. Jika kita hemat akan listrik maka akan hemat, listrik yang kita gunakan tidak dibatasi oleh jangka waktu dan lebih mengurangi biaya pengeluaran prabayar. Memang kerugian token adalah ribet selalu mengisi ulang, jika suatu saat kehabisan token dan waktu itu mengalami masalah maka listrik susah di akses dan perkerjaan anda menjadi terhambat.
Berbeda sekali dengan prabayar yaitu sistem listrik yang sudah ditentukan berapa voltase dari listrik tersebut dinikmati dengan jangka waktu perbulan biasanya. Kerugiannya saya rasa listrik akan terus mengalir ke rumah anda. Maka tidak ada penghematan sama sekali.
Kali ini PLN membuat layanan baru untuk menambah daya listrik pada rumah anda melalui Online. Cara menambah daya listrik, sebagai berikut :
- Isi ID Pelanggan atau ID Meter, Anda dapat mengunjungi situs www.pln.co.id/pbpd
- Cari dan tunggu sampai data pelanggan atau data kita muncul.
- Klik pada tab penambahan daya, dan isi identitas anda sesuai kolom yang ada.
- Jika identitas anda sama dengan data pelanggan yang terpampang pada data base PLN, anda tinggal centang pada pilihan copy data pelanggan.
- Isi perubahan daya yang anda inginkan. Bisa menambah ataupun mengurangi daya.
- Setelah itu akan muncul nominal biaya yang harus anda bayar untuk penambahan daya. Kalau yang anda lakukan pengurangan daya, maka tidak akan dipungut biaya.
- Kalau sebelumnya anda masih memakai meteran listrik lama dan sistem pembayaran pasca bayar, maka atas kebijakan PLN meteran akan diganti dengan meteran baru dan sistem pembayaran menjadi pra bayar. Untuk hal ini kadang terjadi penolakan para pelanggan PLN, karena mereka menganggap sistem pra bayar membuat biaya listrik lebih mahal.
- Setelah proses ini selesai, anda akan memperoleh email dari PLN berisi permohonan perubahan daya yang anda lakukan.
Dalam email anda akan diminta melakukan konfirmasi dengan mengklik link vertifikasi. - Dari link tersebut anda akan dibawa kembali ke situs PLN dan diberikan kode bayar beserta jumlah uang yang harus anda bayar. Kode bayar tersebut juga akan diemailkan ke email kita.
- Bayar ke tempat-tempat yang ditunjuk oleh PLN seperti Bank tertentu, Kios PPOB dan Kantor Pos Indonesia. Saya sendiri memilih bayar ke kantor pos karena lebih simpel.
- Di kantor pos anda bilang ke pegawai pos ingin membayar tambah daya PLN, kemudian pegawai pos akan meminta anda menyebutkan kode bayar.
- Setelah kode bayar diinput pegawai, akan terpampang nama pelanggan, ID pelanggan dan jumlah yang harus dibayar.
Kantor pos akan membebankan biaya administrasi sebesar Rp 1.900,-. Jadi yang harus anda bayar adalah biaya dari PLN plus biaya admin kantor pos. Sebagai ilustrasi biaya penambahan daya saya dari 450VA ke 900VA adalah Rp360.500,- plus biaya admin Rp1900,- jadi total biaya Rp362.400,-. - Langkah terakhir, anda tinggal menunggu petugas PLN datang dan mengganti meteran anda sekaligus menaikkan dayanya. Sebagai ilustrasi lagi, proses saya dari mulai membayar tagihan sampai petugas PLN datang adalah 10 hari kerja.
Dalam situsnya dijanjikan bahwa proses penambahan daya ini akan berlangsung 7 hari kerja, tapi mungkin karena posisi rumah saya yang agak pelosok jadi agak lama.